Searching...
Rabu, 26 Januari 2011

Contoh Sekolah Peduli Lingkungan (Adiwiyata) SMP)

SMP NEGERI 3 BALIKPAPAN


KEGIATAN PENGEMBANGAN SEKOLAH ADIWIYATA




Permasalahan lingkungan hidup saat ini bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja, akan tetapi segenap elemen masyarakat memiliki peran dan tanggung jawab yang sama. Satu diantara elemen masyarakat yang berperan penting dalam hal ini adalah lembaga pendidikan. Sekolah merupakan lembaga terkecil dalam masyarakat yang mempunyai tugas dan tanggung jawab akan kualitas pendidikan dan bagian terintegrasi dalam pengembangan sumber daya manusia.
SMP Negeri 3 Balikpapan sebagai lembaga pendidikan bertanggung jawab terhadap perubahan prilaku siswa kearah yang lebih baik sesuai harapan orang tua, guru dan masyarakat. Salah satu prilaku yang diharapkan adalah bagaimana peserta didik memiliki kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan hidup dalam hal ini sekolah berusaha merubah paradigma tentang kebersihan dan lingkungan hidup, yang dimulai dari pendidikan formal dengan harapan prilaku kalangan dunia pendidikan khususnya siswa siswi SMP Negeri 3 Balikpapan yang dapat memberikan dampak positif dimasyarakat sekitarnya.

A. Motivasi Sekolah Mengikuti Adiwiyata
Anak didik adalah generasi calon pemimpin bangsa untuk masa depan yang harus memiliki pola pikir dan perilaku yang berwawasan lingkungan global kepada setiap peserta didik sehingga menjadi individu yang peduli terhadap lingkungan dan dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan kualitas hidupnya, sehingga kualitas dan kuantitas hidup bangsa tercapai. Pembentukan karakter yang peduli dan berbudaya lingkungan menjadi prioritas dalam menyongsong era global yang menjadikan motivasi SMP Negeri 3 Balikpapan dalam mengikuti kegiatan Adiwiyata.

B. Harapan Sekolah SMP Negeri 3 Balikpapan
Berdasarkan kenyataan diatas, maka SMP Negeri 3 Balikpapan perlu mengembangkan kurikulum yang disusun sesuai visi dan misi serta pertimbangan komite sekolah, dengan tetap memperhatikan karakteristik peserta didik, potensi dan kondisi sekolah, yang mampu mewadai kepentingan nasional dan daerah untuk membangun kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Dengan demikian keikutsertaan SMP Negeri 3 Balikpapan dalam program Adiwiyata diharapkan dapat :
1. Melaksanakan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran warga sekolah dan masyarakat tentang nilai-nilai dan etika peduli dan berbudaya lingkungan serta permasalahannya.
2. Melaksanakan pengembangan kurikulum berbasis lingkungan sehingga dapat terwujud prilaku dan sikap setiap warga sekolah dan masyarakat menuju tumbuh kembangnya kepedulian terhadap perbaikan kualitas lingkungan dan kualitas hidupnya.
3. Tumbuhya kesadaran pada diri setiap warga sekolah dan mayarakat untuk mencegah dan mengurangi krisis lingkungan.
4. Menerapkan kebijakan dan pemanfatan sarana dan prasarana sekolah yang ramah dan berbudaya lingkungan.
5. Mewujudkan sekolah sebagai tempat pembelajaran yang kondusif bagi setiap warga sekolah dalam upaya pembentukan karakter sebagai pecinta, pelestari dan penyelamat lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan.

C. Potensi Kedepan PLH
SMP Negeri 3 Balikpapan memiliki potensi yang dapat dikembangkan dalam pelaksanaan program Adiwiyata sebagai berikut :
1. Animo pendaftar siswa baru melebihi daya tampung sekolah setiap tahun
2. Jumlah rombongan belajar 30 kelas
3. Letak SMP Negeri 3 Balikpapan yang strategis, sehingga mudah di jangkau oleh seluruh komponen masyarakat.
4. Memiliki luas lahan sekolah kurang lebih 2 ha.
5. Kondisi lingkungan sekolah yang dapat di kembangkan berbagai macam kegiatan pengadaan kebun / pertanian seperti :
- Menanam sayur – sayuran
- Memiliki kebun kayu jati yang subur
- Memiliki apotik hidup
- Memiliki ruang UKS
- Menanam berbagai macam buah – buahan
- Memiliki taman sekolah yang hijau
- Memiliki Botanical Garden
6. Memiliki tempat peternakan lele jumbo
7. Memiliki kantin sehat
8. Memiliki barbagai sarana olah raga
9. Memiliki karyawan dan guru yang cukup untuk pelaksanaan Adiwiyata
10. Memiliki tempat ibadah yang memadai
11. Memiliki hubungan kerja sama dengan dinas kebersihan kota

D. Kendala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Adiwiyata
Beberapa kendala yang dihadapi SMP Negeri 3 Balikpapan dalam pelaksanaan Program Adiwiyata yaitu :
1. Ada sejumlah siswa yang masih belum memiliki kesadaran akan pentingnya hidup bersih seperti membuang sampah/bungkus permen disembarang tempat
2. Konstruksi tanah yang tidak stabil sehingga mempengaruhi pertumbuhan tanaman di lingkungan sekolah
3. Peran lingkungan masyarakat yang kurang mendukung program adiwiyata di sekolah
4. Pagar sekolah yang kurang memadai

1 komentar:

 
Back to top!